| No comment yet

Alasan Microsoft Berganti Logo

 

 




Bagi seorang pengusaha menentukan kapan mengganti logo bukan perkara gampang. Selain memberikan citra, logo juga menggambarkan banyak hal. Namun kapan saatnya sebuah perusahaan berganti logo?

 
Sejumlah ahli menyebutkan, setidaknya ada empat alasan bagi perusahaan untuk mengganti logonya. Yaitu, karena adanya perubahan visi-misi perusahaan, perubahan struktur organisasi perusahaan, pengembangan usaha, dan karena mengantisipasi perubahan zaman. Alasan apa yang membuat Microsoft mengubah logonya kali ini?

Logo Microsoft yang selama ini dikenal mulai digunakan pada tahun 1987. Berarti setelah 25 tahun lalu baru mengganti logo kembali kali ini. Sejak Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft 37 tahun lalu, logo baru yang diperkenalkan bulan Agustus 2012 ini adalah logo kelima. Perubahan itu tak pelak lagi karena mengantisipasi zaman. Dibanding 25 tahun lalu, saat logo sebelum ini diperkenalkan, saat ini persaingan di bisnis TI begitu ketat disertai dengan penemuan-penemuan baru yang mencengangkan.

Seperti ditulis The Washington Post, perubahan logo Microsoft kali ini merupakan bagian dari peluncurkan produk-produk barunya. Pada 26 Oktober 2012 nanti Microsoft akan meluncurkan Windows 8.Program ini akan memungkinkan Windows bisa beroperasi baik di PC maupun tablet yang mengandalkan touch-screen. Selain itu Microsoft juga akan meluncurkan tablet untuk menyaingi iPad (Apple).
logomicro 
"Telah 25 tahun sejak kami memperbaiki logo Microsoft dan kini waktu paling sempurna untuk melakukan perubahan," kata Jeff Hansen, General Manager, Brand Strategy Microsoft, dalam website perusahaan itu. "Ini adalah tahun yang luar biasa bagi Microsoft karena kami merilis sejumlah versi baru hampir di semua produk kami," lanjutnya.

Menurutnya, logo Microsoft terdiri dari dua bagian yaitu logotype dan simbol. Logotype adalah tulisan "Microsoft" yang menggunakan font Segoe yang merupakan font yang digunakan Microsoft dalam produk-produknya sebagai bagian dari marketing communication mereka. Bagian kedua adalah simbol yang berupa jendela yang terdiri dari empat kotak dengan warna berbeda. "Simbol yang berupa bujur sangkar berwarna dimaksudkan untuk mengekspresikan diversifikasi produk kami," kata Hansen.

Microsoft saat ini bersaing ketat dengan Apple dalam menguasai pasar teknologi komputer. Namun pangsa pasarnya kalah dari Apple. Menurut The Washington Post, pasar Microsoft mencapai sekitar US$254 miliar yang ternyata kurang dari separuh pasar Apple yang mencapai US$623 miliar. Mungkin dengan perubahan logo dan meluncurkan produk-produk barunya Microsoft akan mengejar ketertinggalannya dari Apple.

Posting Komentar