| No comment yet

Potensi Bisnis Oli Bekas

Tanpa banyak yang menyadari potensi bisnis oli bekas ternyata luar biasa. Bisa dikatakan memang demikian, sebab dari tetesan limbah pelumas ratusan ribu mobil dan motor, kapal dan pesawat terbang serta lainnya yang ada diseluruh Indonesia jika dikumpulkan jumlahnya sungguh mencengangkan.
Sepuluh tahun lalu sebelum oli bekas bisa didaur ulang dengan teknologi muktahir sehingga bisa menghasilkan pelumas berkualitas prima yang bisa mengalahkan pelumas murni ( virgin crude oli ) oli bekas selalu menjadi masalah. Jika tidak dimusnahkan bisa menimbulkan pencemaran lingkungan. Atau yang juga tidak kalah menimbulkan dampak buruk yakni memunculkan tindak kriminal pemalsuan oli yang tidak hanya merusak mesin juga merusak perekonomian, seperti perdagangan terganggu dan pajak tak bisa dikutip.
Berbagai inovasi dengan memanfaatkan teknologi tinggi pemurnian oli bekas yang dikembangkan Mohawk (Kanada) dan Evergreen (Amerika Serikat), penangan limbah oli bekas seakan mendapat solusi. Setidaknya sejak tahun 1995 dan terutama sejak PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) yang memproduksi pelumas merek Pennzoil (Amerika) di Indonesia, jutaan liter oli bekas kian mendapat nilai ekonomis yang memadai.
Terbukti kini WGI yang tampil sebagai produsen pelumas swasta terbesar di Indonesia mampu mematok kapasitas produksi 75 juta liter minyak pelumas setahun. Jumlah ini tidak terlalu istimewa jika WGI memproduksi minyak pelumas murni. Tapi justru memurnikan kembali (refinery) pelumas bekas yang bahan bakunya berasal dari para pemilik kendaraan bermotor di seluruh Indonesia. Dan satu hal yang terpenting untuk mendapatkan pelumas bekas sebagai bahan baku produksinya ternyata tidaklah mudah. Sebab kendati WGI sangat didukung Perhimpunan Pengumpul, Pengelola, dan Pengguna Minyak Pelumas Bekas (P4MPB) yang beranggotakan lebih dari 5000 pengepul oli bekas di Indonesi ternyata P4MPB kesulitan untuk memenuhi permintaan WGI untuk memasok 1000 drum oli bekas dalam sehari. Jadi secara sederhana bisa disimpulkan bahwa peluang oli bekas ini terbuka lebar mulai dari (bengkel dan pengumpul) di desa hingga ke kota. Di sisi lain sejalan dengan pengembangan WGI terutama untuk memenuhi keperluan ekspor, maka permintaan akan oli bekas ini ikut meningkat pula.
Bila anda berminat untuk membuka usaha pengumpulan minyak pelumas bekas ini maka dapat menghubungi Alamat P4MPB di nomer telpon (0274) 6509295.

Posting Komentar