| No comment yet

Ragam Chain Lube, Bersih & Bebas dari Kotoran

Pelumas atau cairan khusus rantai ini berfungsi membersihkan debu dan kotoran. Bagi sebagian orang awam, hanya merasa cukup dengan pakai oli bekas atau gemuk. Tindakan ini salah kaprah! Justru pemakaian itu bikin kotoran gampang nempel.

Sekarang sudah banyak beredar di pasaran cairan khusus rantai. Sesuai fungsi dan peruntukkannya chain lube dipakai agar rantai juga tidak cepat aus. Kerja rantai sangat berat karena harus menarik beban untuk menyalurkan power mesin pada roda.

Makanya pabrikan merakit rantai dengan kekuatan sedemikian rupa agar tidak mudah putus dan aus. “Fungsi chain lube ini bukan hanya membersihkan rantai dan gir, tapi bisa melumasi sampai celah mata rantai,” jelas Tjahja Tandjung dari Toda yang tokonya ada di Jl.Radio Dalam Raya No.12, Jakarta Selatan.

Pelumas rantai ini juga bervariasi di soal harga dan asal pembuatnya. Tinggal pilih dengan cermat, ada beberapa merek buatan luar dan dalam negeri.

Cekidot!

GZOX - MOTOREX
Pelumas bermerek Gzox ini diklaim buatan Jepang. Harga paling mahal jika dibanding dengan merek chain lube yang beredar di pasaran, yaitu Rp 160 ribu. Pakai cairan ini dijamin rantai jadi bersih dan suara lebih lembut.

Kemudian ada Motorex yang harganya lebih murah dibanding Gzox. Cukup dengan mengeluarkan kocek Rp 144.500 sudah bisa ditebus dengan isi 500 ml. Di banding merek lain, kedua pelumas rantai buatan luar ini relatif paling mahal.

SUPER SHIELD - FUCHS
Harga untuk Super Shield juga dirasa masih terjangkau karena dibanderol cukup murah. Dengan volume 300 ml bisa langsung ditukar dengan uang Rp 23.500.

Selanjutnya ada juga Fuchs Silkolone yang dibanderol lumayan mahal, yakni Rp 115 ribu. Namun pelumas bikinan Swedia ini masih cukup murah dibanding dengan Gzox dan Motorex yang banderolnya sama-sama di atas Rp 150 ribu.

SINNOB - OPTIMA - CYCLO
Pilihan pelumas lainnya ada merek Sinnob, Optima dan Cyclo. Optima dengan berat isi 300 ml dilego Rp 27 ribu. Relatif masih lebih murah dan terjangkau karena masih di bawah angka Rp 50 ribu.

Sementara Sinnob berukuran 150 ml dengan harga Rp 25 ribu. Lain lagi dengan merek Cyclo yang sudah bisa ditebus dengan harga Rp 99.500 isi 355 ml dan bisa jadi pilihan menarik bagi calon pembeli. Soal harga dirasa masih sesuai dengan isi yang dibeli.

KIT-MEGACOOLS-MASTER

Ketiga pelumas rantai ini asli buatan lokal. Jadi nggak usah heran kalau harga relatif murah bagi pengendara dengan kantong pas-pasan. Pertama, Kit dengan isi 110 ml yang dibanderol Rp 17.500. Megacools isi 300 gr bisa ditebus dengan hanya Rp 16 ribu.

Pilihan terakhir dan paling murah adalah Master. Harga Rp 15 ribu bisa langsung diambil dengan isi kemasan 70 ml . Selanjutnya tinggal pilih dan sesuaikan dengan isi dompet mau pilih yang mana.

Posting Komentar